atau menggunakan alamat file JavaScript yang telah kamu upload.

Sabtu, 12 Maret 2011

SISTEM A/C (AIR CONDITIONER) PADA MOBIL

Nama-nama komponen utama AC ( Air Conditioners )

AC atau Air Conditioners, adalah suatu rangkaian peralatan (komponen) yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam kabin agar penumpang dapat merasa segar dan nyaman.
Rangkaian peralatan (komponen) tersebut adalah :


a. Compressor












Compressor Berfungsi untuk memompakan refrigrant yang berbentuk gas agar tekanannya meningkat sehingga juga akan mengakibatkan temperaturnya meningkat.


b. Kopling magnet ( Magnetic Clutch )
Kopling magnet adalah perlengkapan kompressor yaitu suatu alat yang dipergunakan untuk melepas dan menghubungkan kompressor denganputaran mesin. Peralatan intinya adalah : Stator, rotor dan pressure plate. Sistem kerja dari alat ini adalah elektro magnetic.
Konstruksi :
Puli terpasang pada poros kompressor dengan bantalan diantaranya menyebabkan puli dapat bergerak dengan bebas. Sedang stator terikat dengan kompressor housing, pressure plate terpasang mati padaporos kompressor.


c. Condenser

Condenser Berfungsi untuk menyerap panas pada refrigerant yang telah dikompresikanoleh kompresor dan mengubah refrigrant yang berbentuk gas menjadi cair ( dingin ).


d. Dryer/receifer

Dryer/receifer Berfungsi untuk menampung refrigerant cair untuk sementara, yang untuk selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan. Selain itu Dryer/receifer juga berfungsi sebagai filter untuk menyaring uap air dan kotoran yang dapat merugikan bagi siklus refrigerant.


e. Expansion valve
Expansion valve Berfungsi Mengabutkan refrigrant kedalam evaporator, agar refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas.


f. Evaporator
Evaporator Merupakan kebalikan dari condenser Berfungsi untuk menyerap panas dari udara yang melalui sirip-sirip pendingin evaporator, sehingga udara tersebut menjadi dingin.


g. Blower
Blower berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam ruang kendaraan
 
http://moovti.blogspot.com/2010/10/sistem-ac-air-conditioner-pada-mobil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Login to Facebook
Sudah Gabung Sebagai Fans Otocomputer?,join sekarang!